Masakan Indonesia: Ayam Betutu Khas Bali

Review: Ayam Betutu
Bahan dari:
Ayam

Direview Oleh:
Rating:
5 Stars
On April 3, 2012
Last modified:April 3, 2012

Kesimpulan:

Rasanya sangat lezat...ayamnya sangat empuk

Ayam Betutu

Masakan Indonesia ini cukup terkenal ditelinga masyarakat Bali. Terbuat dari Ayam yang telah dicampuri dengan bumbu spesial dari Bali dan kemudian ayam dikukus lalu ayam dibakar. Memang untuk membuat masakan khas Bali ini tidaklah mudah, tetapi jika anda akan mendapatkan cita rasa yang lezat dari Ayam Betutu dan dapat dipastikan anda tidak akan menyesal. Penasaran dengan resep Ayam Betutu Khas Bali ini?
Berikut resep Ayam Betutu Khas Bali:

Bahan:
1 ekor (700 g) ayam ras (sebaiknya organik)/ayam kampung muda
100 mi minyak goreng
250 g daun singkong, rebus hingga empuk, peras, uraikan
2 lembar daun salam
Daun pisang
Kertas aluminium (aluminium fom
Tali

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah, buang bijinya
1 buah cabai jawa*
4 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt merica, sangrai
3 cm kencur
1 cm lengkuas
3 cm kunyit
1 sdt terasi goreng
2 sdt garam

Bumbu Iris:

10 butir bawang merah, iris tipis
5 siung bawang putih, iris tipis
2 cm jahe, potong bentuk batang korek api
5 batang serai, ambil bagian pangkalnya 10 cm, iris tipis

Cara Membuat:
1. Campur bumbu halus dengan minyak goreng, aduk hingga rata. Lumurkan separuh bumbu ke bagian luar dan rongga ayam secara merata.
2. Campur sisa bumbu halus dengan daun singkong, bumbu iris, dan daun salam, masukkan ke dalam rongga perut ayam. Bungkus ayam dengan daun pisang, kencangkan dengan tali, lalu bungkus dengan kertas aluminium hingga rapat.
3. Kukus ayam selama kurang lebih 75 menit hingga matang dan bumbu meresap. Angkat. Panggang ayam di atas bara api selama kurang lebih 15 menit sambil balik-balik hingga ayam mengeluarkan aroma gurih semerbak.
4. Buka bungkusan, potong ayam menjadi 4 bagian. Sajikan panas.

Catatan: Resep Ayam Betutu ini untuk 4 porsi.
* Cabai jawa biasa disebut lada panjang di Sumatera atau cabia di Sulawesi. Cabai ini merupakan sejenis lada, berbentuk bulat panjang sebesar jari kelingking bayi, berasa pedas, dan biasa dijual kering, berwarna kehitaman. Anda bisa mendapatkan cabai jawa di penjual bahan jamu di pasar tradisional. Jika di pasar swalayan, cabai ini biasa dikemas dalam botol kaca/plastik.

Panajang memang proses memasak Ayam Betutu ini. Tapi untuk cita rasa yang lezat, sudah dapat dipastikan terbayarkan. Apakah anda masih penasaran dengan masakan khas Bali lainnya? Atau anda ingin mencoba masakan Indonesia lainnya? Terus kunjungi Resepnya.com.

Resep Nikmat Lainnya

Isikan Pertanyaan atau Komentar Anda:

Kalau anda mempunyai pertanyaan atau tanggapan mengenai atau hal-hal lain yang berhubungan dengan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah sini:

Leave a Comment