Masakan Indonesia: Balado Tempe Kering Khas Minang

Bahan Dasar:
Tempe

Direview Oleh:
Rating:
4 Stars
On May 1, 2012
Last modified:May 1, 2012

Kesimpulan:

Tempe yang gurih dan renyah dengan bumbu yang pedas terasa sangat nikmat :)

Balado_Tempe_Kering

Tempe adalah bahan masakan yang cukup populer di Indonesia. Selain itu cara membuat tempe sangatlah sederhana, akan tetapi tempe mempunyai banyak kandungan gizi. Kali ini kita akan membuat masakan Indonesia khas Minang yaitu Balado Tempe Kering. Bumbu balado merupakan masakan Padang yang cukup populer. Masakan Padang identik dengan bumbu yang banyak dan pedas. Tempe yang kering dibumbui dengan cabai merah yang dihaluskan. Apakah anda ingin menikmati masakan khas yang satu ini?
Berikut resep Balado Tempe Kering:

Bahan:
300 gram tempe, potong ukuran 8 x 5 cm setebal 2 mm
5 siung bawang putih
1/4 sdt garam
50 ml air
Minyak goreng secukupnya

Bumbu:
250 gram cabai merah, sebaiknya cabai merah keriting
10 butir bawang merah
1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 sdt air jeruk nipis/lemon

Cara Membuat:
1. Haluskan bawang putih dan garam, tambahkan air. Masukkan tempe, aduk hingga rata. Goreng tempe hingga kering dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
2. Bumbu: Ulek kasar cabai merah, bawang merah, dan garam. Panaskan minyak goreng, tumis cabai tumbuk dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan air Jeruk nipis/lemon, aduk hingga rata. Angkat.
3. Sajikan tempe goreng dengan siraman tumis cabai.

Catatan: Resep Balado Tempe Kering ini hanya untuk 4 porsi.

Apakah anda menikmati sajian Minang yang satu ini? Sederhana, cepat dan mudah juga bukan untuk membuat Balado Tempe Kering ini? Bagaimana kalau anda mencoba masakan khas Indonesia lainnya, misalnya: Sambal Goreng Udang Khas Tegal, Sup Marunda Khas DKI Jakarta, Tumis Udang Pedas Aceh atau Udang Gapit Khas Madura dan masih banyak lagi resep khas Indonesia yang bisa anda nikmati.

Resep Nikmat Lainnya

Isikan Pertanyaan atau Komentar Anda:

Kalau anda mempunyai pertanyaan atau tanggapan mengenai atau hal-hal lain yang berhubungan dengan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah sini:

Leave a Comment