Resep Masakan Sate: Sate Buntel Khas Solo

Review: Sate Buntel
Bahan Dasar:
Ayam

Direview Oleh:
Rating:
4
On October 26, 2012
Last modified:October 26, 2012

Kesimpulan:

Rasanya unik, gurih sedikit pahit dan juga manis :D

Resep Masakan Sate: Sate Buntel Khas Solo

Kali ini Chef Resepnya akan membuat masakan khas dari Solo. Kira-kira apa ya yang dibuat Chef Resepnya dari kota Solo? Jika kamu mengikuti Chef Resepnya dari kemarin, pasti kamu sudah tahu tema kita minggu ini. Karena tema kita adalah Sate Nusantara, masakan Solo kali ini ya Sate khas Solo, yaitu Sate Buntel. Bentuknya mirip dengan Sate Be Sampi Khas Bali. Namun terbuat dari hati dan ampela ayam, bukan dari daging sapi. Penasaran dengan rasa dari Sate ini? Berikut resep lengkap Sate Buntel Khas Solo:

Bahan:

12 pasang hati dan ampela ayam
Air untuk merebus
2 mata asam jawa
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
450 ml air
3 sdm minyak

Haluskan:

8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
4 cm lengkuas
4 cm kunyit
1 sdm gula merah, iris
Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Rebus hati dan ampela selama 2 menit untuk menghilangkan aroma darahnya. 2. Tiriskan, dan buang airnya. Potong-potong hati dan ampela ayam.
2. Masak hati ampela bersama bumbu yang dihaluskan, asam jawa, daun salam, daun jeruk, serai, dan air. Tunggu sampai bumbu meresap dan ampela empuk. Angkat.
3. Aduk hati ampela dengan minyak goreng. Tusuk berselang seling antara hati dan ampela. Bakar sebentar di atas bara. Angkat.

Hasil 12 tusuk

Resep Nikmat Lainnya

Isikan Pertanyaan atau Komentar Anda:

Kalau anda mempunyai pertanyaan atau tanggapan mengenai atau hal-hal lain yang berhubungan dengan artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah sini:

Leave a Comment